Kurangi Obesitas Sekarang Juga

Obesitas adalah kondisi di mana seseorang menderita kelebihan berat badan yang disebabkan oleh penumpukan lemak di tubuhnya. Lemak ini semakin bertumpuk sehingga dapat meningkatkan masalah kesehatan pada penderitanya. Di antaranya adalah menurunkan harapan hidup, menderita berbagai macam penyakit, dan membuat seseorang susah bergerak karena membutuhkan energi yang lebih besar dibanding mereka dengan berat badan yang normal. Saat ini, obesitas merupakan kondisi yang menjadi penyebab kematian seseorang dengan angka prevalensi yang terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, tidak jarang jika penderita obesitas harus menemui dokter spesialis jantung karena organ dalamnya tidak bisa berfungsi secara normal lagi.

Obesitas memang sulit untuk dihilangkan. Jika pun bisa, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menguranginya. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya adalah:
obesitas
  • Memperbaiki kualitas asupan. Jika sebelumnya Anda sama sekali tidak memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda, kini saatnya Anda mulai mengecek asupan gizi yang terkandung di dalamnya. Tingkatkan asupan serat dan kurangi makanan padat energi yang tinggi lemak dan gula. Anda juga bisa mulai mengonsumsi obat-obat anti kegemukan yang dapat dibeli di pasaran untuk mengurangi selera makan Anda. Pilih obat yang direkomendasikan dokter dan tetap jaga gaya hidup Anda.
  • Berhenti makan sebelum kenyang. Jangan ikuti nafsu untuk terus mengonsumsi makanan yang ada di hadapan Anda. Sebelum perut mengeluh kekenyangan, makan memang terasa menyenangkan. Akan tetapi, sebaiknya konsumsilah makanan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
  • Ubah kebiasaan ngemil. Jika sebelumnya Anda adalah tipe-tipe yang senang ngemil, ganti camilan Anda dengan buah atau salad. Ketika Anda merasa stress, marah, dan terbiasa melampiaskan perasaan Anda dengan makan es krim, keripik ketang, dan semacamnya, sebaiknya Anda mulai mencari kegiatan lain yang lebih menyehatkan.
  • Olahraga. Setidaknya sempatkan waktu selama 30 menit sehari untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh. Tidak usah bayangkan olahraga ekstrim seperti di gym atau lain sebagainya. Cukup dengan berjalan cepat, naik turun tangga, atau mungkin lari-lari kecil di sekitar rumah. (Tr)
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger