Penyebab Rambut Tidak Sehat

rambut rusak
Rambut yang indah, berkilau, lembut dan selalu terlihat sempurna adalah keinginan hampir setiap orang. Terutama bagi seorang wanita, rambut selalu menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk di perhatikan. Bahkan tidak jarang mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam dan biaya yang tidak murah  di salon untuk melakukan beberapa perubahan pada rambutnya atau melakukan berbagai perawatan seperti creambath, hair spa dan sebagainya. Bagi sebagian orang yang lebih suka dengan hal yang praktis, banyak yang memilih untuk menggunakan Vitamin Perawatan Rambut sendiri di rumah dengan membeli berbagai produk yang beredar dipasaran. Tujuannya sebenarnya sama, yaitu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut.

Namun terkadang setelah semua usaha yang mereka lakukan, mereka tetap mendapati bahwa rambut mereka tidak sehat. Seperti rambut yang rontok, rambut kusut, kasar/tidak lembut, rambut bercabang, tidak berkilau, sulit panjang (butuh waktu lama untuk panjang) dan berbagai masalah lainnya. Ketika menemukan masalah tersebut, orang cenderung akan segera mencari berbagai produk perawatan rambut yang kira-kira sesuai untuk rambutnya. Padahal sebenarnya banyak faktor yang dapat menjadi penyebab rambut menjadi tidak sehat, antara lain:
  • Paparan Sinar Matahari secara langsung akan berdampak pada rambut yang menjadi rapuh, juga kulit kepala menjadi kering. Selain sinar matahari, Radikal Bebas juga berperan terhadap kerusakan rambut.
  • Stress yang terlalu berlebihan akan berdampak pada kerontokan rambut, karena disaat stress urat-urat syaraf yang berada  disekitar kepala akan memaksa akar rambut menjadi lemah dan akhirnya menyebabkan rambut mudah rontok.
  • Kerontokan rambut juga dipengaruhi oleh faktor kelainan genetik, dan pengaruh dari perubahan hormon yang biasanya terjadi pada usia 30 tahun ke atas.
  • Cara seseorang memperlakukan rambutnya sangat berperan penting dalam hal kesehatan rambut. Cara yang salah justru akan memperburuk kondisi rambut.
  • Keramas yang terlalu sering (setiap hari) atau sangat jarang akan berdampak buruk pada rambut.
  • Proses pengeringan dengan menggunakan hair dryer atau menggosokkan rambut dengan handuk bukan cara yang tepat jika ingin mendapatkan rambut yang sehat.
  • Melakukan berbagai perubahan rambut dapat berdampak pada kerusakan rambut, seperti pewarnaan, pengeritingan, pelurusan dan berbagai hal lainnya.
Bagi yang ingin rambutnya sehat, sebisa mungkin menghindari penyebab-penyebab di atas. Gunakan minyak zaitun untuk rambut sehat alami. (Yv)

 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger