Diet Sehat : Hindari Makan di Luar

jangan makan di luar
Makan di luar sudah menjadi salah satu gaya hidup terutama pada hari gajian atau akhir minggu. Kita bisa memilih jenis makanan dan tempat makanan yang kita inginkan. Dengan begitu, kita tidak perlu pusing menyediahkan waktu untuk mempelajari resep, menyiapkan bahan dan memasak. Kata sederhananya, makan di luar itu lebih efisien dan kita bisa menikmati berbagai hidangan yang lezat. Masalahnya adalah kita tidak tahu berapa kalori sebuah hidangan yang disajikan untuk kita.

Salah satu cara menurunkan berat badan secara efisien adalah menghindari makan di luar. Hal ini berlaku untuk semua restorant yang menggunakan banyak minyak, garam dan micin. Merasa berat? Pastinya iya, karena kebanyakan tempat makanan pasti memerlukan 3 bahan utama ini. Ehm jika tempat sushi, rebus-rebus (steamboat) dan pangangan (grill) boleh dong?  Untuk sushi, steamboat dan grill; boleh tapi …. banyaknya makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan.

Sushi

Perlu diingat bahwa sushi bukanlah cemilan. Bentuk sushi yang mungil menyembunyikan karbohidrat yang banyak. Nasi yang digunakan sudah dikepal hingga sangat padat sehingga kita menganggapnya sedikit. Selain itu beberapa sushi fusion menggunakan mayones. Mayones adalah saus yang dibuat dengan campuran minyak nabati, telur ayam serta cuka. Dan telur ayam memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi.

Steamboat

Memang sayur dan daging hanya direbus atau dibuat sup tapi perhatikan lagi bumbu yang digunakan untuk membuat kuah. Dan pastikan porsi daging dan sayur yang Anda konsumsi seimbang; lebih baik lagi kalau porsi sayur lebih banyak. Ingat saat memasak sayur, jangan sampai sayur tersebut terlalu rayu.

Pangangan

Perhatikan banyaknya lemak yang terkandung dalam daging tersebut. Hindari daging yang mengadung banyak lemak. Dan makanan yang dipangang sampai hitam itu tidak baik untuk kesehatan jadi batasi konsumsinya. Masalah utamanya adalah rumah makan khusus grill hanya menyediahkan sedikit makanan berserat (buah dan sayur). Padahal cara menurunkan berat badan yang sehat adalah porsi serat terutama dalam bentuk sayur lebih banyak dari karbohidrat dan daging.


Cara menurunkan berat badan sehat yang paling aman adalah memasaknya sendiri karena kita bisa menakar berapa garam yang digunakan, menggunakan minyak yang baik seperti minyak canola atau minyak zaitun dan menggunakan bahan terbaik. Selain itu, kita menyusun menu sehat yang dilengkapi dengan buah-buah buat menunjang kebutuhan serat tubuh. So, tunggu apa lagi. –Hen-
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger