Kriteria dalam Memilih Dokter Jantung Terbaik

dokter jantung
Keterbatasan dokter jantung di Indonesia, membuat banyak orang memilih menggunakan jasa dokter jantung Singapura. Selain karena keterbatasan, pada umumnya, kita memilih dokter jantung berdasarkan rekomendasi rumah saki, kerabat atau teman.  Sehingga kita jarang lagi mencari dokter lain. Dan banyak dari kita direkomendasi untuk mengunjungi dokter jantung Singapura, dengan alasan:
  • Dokter disana lebih peduli dan sabar menerangkan sesuatu pada pasien
  • Peralatan untuk pengobatan jantung di sana lebih lengkap
  • Sistem pelayanan lebih cepat dan efektif tanpa  membuat pasien tidak nyaman
  • Adanya layanan pasien antar jemput dari bandara ke rumah sakit
Rekomendasi dari teman, kerabat dan rumah sakit, memang boleh dijadikan masukan, namun pastikan hal tersebut bukanlah harga mati. Setelah mendengarkan rekomendasi, saatnya kita mencari dokter jantung lain baik di Indonesia maupun di Singapura. Pencarian ini seharusnya tidak makan banyak waktu, karena untuk saat ini, jumlah dokter spesialis jantung Singapura dan Indonesia masih terbatas. Berikut ini beberapa kriteria dokter jantung yang baik:

Ahli dalam Bidangnya

Dokter jantung yang boleh dipilih adalah dokter yang paham akan jantung dan mengetahui dengan baik prosedur pengobatan jantung. Kan tidak lucu, jika pada saat pengobatan, dokternya membuka-buka buku untuk mencari solusi terlebih dahulu sebelum mengobati kita.

Pengalaman yang Banyak

Kata pepatah “Pengalaman adalah Guru Terbaik” bukanlah omong kosong. Dokter jantung yang sudah memiliki pengalaman dalam menangani berbagai penyakit jantung, tentu menjadi nilai plus yang perlu diperhatikan, terutama jika kita memutuskan untuk melakukan operasi. Pengalam ini tidak dilihat dari gelar, buku dan seminar yang dibuat namun praktet yang dia lakukan.

Eh, bukannya klo udah memiliki gelar tinggi, pernah menulis buku dan mengadakan seminar; berarti dia dokter yang bagus? Terkadang, praktek atau kondisi jantung seseorang tidak sesuai dengan teori yang diajarkan atau dipelajari. Keahlian yang didapat dari praktek membuat dokter bisa dengan tenang dan mampu menghadapi situasi jika terjadi sesuatu pada saat operasi.

Memiliki Sifat Profesional dan Peduli akan Pasien

Dokter yang baik tentu dokter yang memiliki sifat profesional . Hal ini bisa dilihat dari ketepatan waktu dia datang. Ingat, dalam menangangi penyakit jantung, 1 detik bisa sangat berharga. Selain sifat profesional, dokter yang dipilih juga perlu dilihat dari sikapnya yang pendulu akan pasien. Sikap yang peduli pada pasien akan memberikan dia kesabaran yang luar biasa dalam penjelasan dan tidak akan melakukan pengobatan, setengah hati.

Entah kita memilih dokter jantung Singapura atau dokter jantung Indonesia, yang pasti kita perlu memilih dokter yang memenuhi kriteria dokter baik di atas. –hm-
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger