Hal Penting saat Berikan Support bagi Teman Penderita Kanker

teman penderita kanker
Support yang diberikan oleh teman dan keluarga memang merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh penderita kanker, selain tentunya pengobatan dan konsultasi yang rutin kepada dokter spesialis kanker. Namun, tidak sedikit orang yang merasa tidak tahu harus melakukan apa untuk membantu teman keluarganya yang didiagnosis oleh penyakit kanker, meski keinginan untuk memberikan support  itu sangat besar. Hal ini dikarenakan kita tidak ingin salah langkah dan justru membuat keadaan menjadi tidak enak.

Lalu, adakah cara yang tepat untuk memberikan support bagi para penderita kanker? Meski memang tidak ada aturan yang mengatur cara tepat dalam memberikan support ini, namun beberapa hal di bawah ini setidaknya bisa membantu untuk mempermudahnya, yakni:

Persiapkan diri
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mempersiapkan diri dengan pengetahuan mengenai penyakit kanker yang diderita. Kita tentu tidak mungkin bertanya kepada teman mengenai detail tersebut.

Saat berkunjung
Sebelum berkunjung, sebaiknya kita lebih dulu menelepon atau mengabari kedatangan kita. Pastikan teman kita tidak merasa keberatan dengan kunjungan kita tersebut. Begitu juga saat kita hendak menanyakan sesuatu atau sekedar memberikan saran, mintalah ijin terlebih dahulu sebelumnya. Pastikan bahwa apa yang kita tanyakan atau sarankan tidak akan menyakiti hatinya. Jangan takut untuk coba berkelakar, tentunya pada saat yang tepat.

Apa yang harus dikatakan
Pada saat bertemu, hindarilah mengomentari perubahan fisik yang terjadi, sebaiknya ekspresikanlah betapa kita senang bertemu dengannya lagi. Selain itu, ada beberapa hal yang juga sebaiknya dihindari untuk dikatakan, misalnya:
  • “Saya tahu bagaimana perasaanmu.” (Kecuali kita pernah menderita kanker, maka kita tidak akan pernah tahu)
  • “Saya yakin kamu pasti akan baik-baik saja,” atau  “Jangan khawatir,” (Meski terlihat seperti memberikan dorongan, namun sayangnya kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi)
  • “Berapa lama lagi sisa hidupmu,?” (Ini tentunya bukan pertanyaan terpintar yang bisa ditanyakan)
Daripada mengatakan hal seperti di atas, akan lebih baik bila kita memang jujur kalau kita tidak tahu apa yang harus dilakukan, atau katakan padanya bahwa kita peduli padanya dan akan selalu ada untuk membantunya atau sekedar mendengarkannya.

Jadilah pendengar yang baik
Kadang yang dibutuhkan oleh teman kita adalah seseroang yang bisa diajak untuk mendengarkan keluh kesahnya. Dari mendengarkan ini kita juga jadi bisa lebih mengerti tentang keadaannya. Ingat, jangan memberikan saran bila tidak diminta dan pastikan mereka tidak keberatan saat kita akan memberikan saran.

Membantu hal-hal kecil
Tidak perlu hal-hal besar untuk memperlihatkan support kita pada teman, hal-hal kecil sederhana pun sudah cukup berarti, misalnya saja membantu membeli kebutuhan rumah tangga atau menebus obat, membersihkan rumahnya, mengantarkan makanan, menelepon untuk menanyakan kabarnya, dan sebagainya.

Meneruskan persahabatan dan kegiatan seperti biasanya setelah vonis kanker merupakan jalan terbaik dalam membantu proses penyembuhan. Karenanya, jangan ragu untuk terus memberikan support dan berada di samping teman kita. (raw)
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger