Pemanfaatan Alkohol Dalam Berbagai Hal


Bir merupakan salah satu minuman alkohol yang banyak diminati masyarakat. Selain harganya yang cukup terjangkau, masyarakat juga tidak sulit untuk menemukan lokasi Jual Bir Di mana. Meskipun saat ini terdapat peraturan bahwa minimarket dilarang menjual minuman beralkohol dengan kadar alkohol tertentu (termasuk bir), hal ini bukanlah masalah besar. Karena, masyarakat masih bisa menemukan minuman ini di supermarket atau kafe yang masih memiliki ijin untuk memasarkan produk ini.
alkohol
Ketika mendengar kata alkohol, memang cukup banyak yang akan langsung teringat pada berbagai minuman beralkohol. Apalagi, saat ini cukup banyak berita mengenai minuman beralkohol oplosan yang sudah menimbulkan banyak korban. Tidak heran, jika sebagian masyarakat sering memandang negatif alkohol. Padahal, alkohol ini merupakan senyawa kimia yang memiliki banyak manfaat dan sebenarnya sering juga kita gunakan. Bahkan, alkohol juga digunakan dalam dunia medis. Berikut ini, adalah beberapa pemanfaatan alkohol dalam berbagai hal:

Minuman

Bir, Wine, Whisky dan beberapa jenis lainnya merupakan contoh minuman yang mengandung alkohol. Di beberapa negara yang memiliki suhu rendah (dingin), minuman ini sering dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh. Kadar alkohol pada minuman beralkohol berbeda-beda, tergantung pada jenis minumannya. Namun, minuman beralkohol yang dipasarkan secara resmi biasanya memiliki kadar alkohol dibawah batas maksimal yang aman untuk dikonsumsi. Alkohol yang terkandung dalam minuman beralkohol adalah jenis etanol.

Antiseptik

Dalam dunia kesehatan, alkohol sering digunakan sebagai antiseptik. Alkohol yang digunakan untuk antiseptik biasanya adalah etil alkohol atau etanol, dengan konsentrasi antara 60% hingga 90%. Alkohol untuk antiseptik ini, juga dapat dengan mudah kita dapatkan di apotik. Namun, ingatlah bahwa alkohol ini memiliki kadar alkohol yang sangat tinggi dan merupakan produk luar (untuk luar tubuh), sehingga sangat berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh (terminum).

Campuran berbagai produk

Berbagai produk yang kita gunakan, juga mengandung alkohol jenis etanol. Beberapa produk antara lain parfum, mouthwash, deodorant, dan beberapa kosmetik. Pada parfum, kita bahkan bisa menentukan sendiri, berapa banyak kadar alkohol yang kita inginkan sebagai campurannya (parfum refill).

Jika kita menggunakannya dengan cara dan takaran yang tepat, alkohol akan memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi, jangan hanya melihat alkohol dari sisi negatifnya saja. (Yv)
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger