Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Salah satu masalah rambut yang paling sering dialami oleh pemilik rambut panjang adalah rambut bercabang. Berbagai jenis perawatan rambut sehat dicoba untuk mengatasi masalah ini. Sebelum mencari tahu cara mengatasinya, mari kita pelajari terlebih dahulu penyebab rambut bercabang, sehingga kita bisa tahu solusi yang tepat yang bisa kita gunakan.

Penyebab Rambut Bercabang

Tidak Pernah Menggunakan Pelembab Rambut

rambut bercabang
Semakin panjang rambut kita, berarti semakin sedikit minyak alami yang diproduksi kepala bisa sampai ke ujung rambut. Untuk mengatasinya terciptalah “Pelembab Rambut”. Kita bisa menggunakan pelembab rambut alami seperti lidah buaya dan minyak zaitun, atau menggunakan pelembab rambut buatan seperti vitamin rambut atau conditioner.

Masalahnya, masih banyak orang yang kurang mau menggunakannya. Padahal dalam melakukan perawatan rambut sehat, pelembab itu perlu. Jika tidak mau menggunakan pelembab rambut buatan yang instan, kita bisa menggunakan yang alami dengan catatan lakukan pas sore atau pagi hari. Kenapa? Karena setelah menggunakan lidah buaya, minyak zaitun atau bahan alami lainnya, kita perlu keramas untuk membersihkannya. Ayo, jangan malas menggunakan pelembab rambut.

Keramas Terlalu Sering

Banyak yang menganjurkan keramas 2 hari sekali. Tetapi bagi kita yang tinggal di kota yang penuh polusi, rasanya gatal baget jika tidak keramas setiap hari. Keramas setiap hari bisa menyebabkan rambut lebih cepat kering sehingga sangat rentan rusak. Ada 2 cara mengatasinya yang bisa dipilih: Ubah jadwal keramas jadi 2 hari sekali atau rajin menggunakan pelembab rambut.

Menggunakan Pengering, Pelurus,  Pengeriting Rambut Terlalu Berlebihan

Alat pengering, pelurus dan pengeriting rambut mengeluarkan panas yang bisa menghilangkan kelembaban rambut. Semakin sering digunakan berarti semakin rambut menjadi kering. Jadi, sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan alat ini. Jika rambut sudah terlanjur rusak karena menggunakan alat-alat ini, kita bisa mencoba melakukan masker rambut 1 kali seminggu agar kelembaban rambut kembali.

Kurangnya Asupan Nutrisi ke Tubuh

Diperlukan asupan vitamin E dan protein yang cukup, agar rambut bisa tubuh dengan baik.  Pastikan setiap hari kita mengkonsumsi vitamin E dan protein yang cukup.
  • Makanan yang mengandung vitamin E : bayam, turnip hijau, brokoli, hazelnut, almond, alpukat, pepaya, zaitun, kiwi, mangga, gandum dan tomat.
  • Makanan yang mengandung protein: ayam tanpa kulit, telur, susu, ikan laut, tahu, almond, apel, alpukat, pisang, kembang kol, brokoli dan kecambah.


Semoga artikel info perawatan rambut sehat ini dapat membantu. –hm-
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger