Makanan Wajib untuk Rambut Sehat


Salah satu impian wanita adalah memiliki rambut yang lembut, tebal, dan indah. Untuk mendapatkan rambut yang diimpikan ini tentunya memerlukan rangkaian perawatan rambut sehat yang rutin. Nah, salah satu rangkaian perawatan ini tidak hanya berasal dari luar saja namun juga dari dalam, yakni dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Ya, makanan yang kita makan setiap harinya ternyata dapat mempengaruhi kesehatan rambut kita. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh rambut, maka rambut kita pun akan terawat dengan baik. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan rambut ini di antaranya adalah:

Ikan Salmon
salmon panggang
Ikan salmon banyak mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan rambut. Omega 3 ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh kita, karenanya perlu ada asupan dari luar tubuh. Selain Omega 3, ikan salmon juga kaya akan protein, vitamin D, dan zat besi yang bisa membuat rambut lebih kuat dan sehat. Selain salmon, ikan lain yang baik dikonsumsi untuk rambut adalah sarden dan tuna.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti walnut dan kenari juga merupakan sumber Omega 3 yang tinggi. Keduanya juga mengandung vitamin E dan biotin yang bisa membantu melindungi sel rambut. 
kacang-kacangan

Telur
Telur merupakan sumber Biotin dan vitamin B-12 yang dapat menguatkan akar rambut serta membuatnya berkuliau. Selain itu, telur juga mengandung 4 mineral yang penting bagi rambut, yakni belerang, zinc, selenimun, dan zat besi. Mineral tersebut dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut yang terjadi karena kurangnya pasokan oksigen ke folikel rambut.
telur

Kerang/Tiram
Tiram merupakan sumber zinc (seng) dan protein yang tinggi sehingga baik untuk mencegah kerontokan rambut serta mencegah kulit kepala yang kering. 

kerang
Wortel
Selain bagus untuk mata, ternyata wortel juga memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Vitamin A yang banyak terkandung pada wortel juga ternyata bisa membantu memperbaiki kesehatan kulit kepala serta memperkuat akar rambut. 

Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayang banyak mengandung asalm folat, kalsium,  zat besi, serta vitamin A dan C. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu rambut terlihat sehat dan berkilau.

 Nah, bila ingin memiliki rambut sehat terawat, jangan sampai lupa mengonsumsi makanan ini setiap hari. (raw)
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger