Menurunkan Berat Badan Dengan Cara Sehat


Meskipun ada pepatah “jangan menilai buku dari sampulnya”, tetap saja fisik adalah hal yang pertama kali orang lain lihat ketika bertemu kita, dan first impression seringkali mempengaruhi interaksi lebih lanjut antar individu. Oleh karena itu, menjaga penampilan fisik agar sehat dan terlihat menarik adalah hal yang penting. Salah satu keluhan yang paling sering dilontarkan oleh banyak orang,  adalah mengenai berat badan. Seringkali juga teman saling menyapa dengan kalimat seperti “Kamu gendutan ya?” yang kadang membuat orang makin minder mengenai berat badannya. Karena itu, orang-orang sering mencoba untuk mencari cara menurunkan berat badan dengan cepat.
Tentunya, penurunan berat badan tidak dapat tercapai begitu saja dan butuh usaha yang tidak sedikit. Ada beberapa tip yang dapat dicoba untuk membantu mengurangi berat badan, antara lain:
diary makanan
Food Diary
  • Buatlah food diary: Riset menemukan bahwa orang-orang yang mencatat apa yang mereka makan mengkonsumsi makanan 15% lebih sedikit dibanding mereka yang tidak.
  • Buatlah ‘mantra’: Fokuslah untuk mengulangi pikiran-pikiran positif seperti ‘Aku akan kurus’, ‘Aku akan jogging pagi ini’, dan ‘Aku tidak akan ngemil’ kepada diri sendiri, dan Anda akan mulai melakukannya.
  • Kurangi nonton TV: Riset menemukan bahwa makin banyak orang menonton TV, makin banyak mereka makan. Sisihkanlah setidaknya satu jam dari menonton TV untuk keluar dan jalan.
  • Sering-sering melihat warna biru: Penelitian menemukan bahwa warna biru berfungsi sebagai penahan napsu makan, sementara warna merah, kuning, dan oranye memicu napsu makan.
  • Habiskan 10 menit sehari berjalan naik turun tangga: CDC menemukan bahwa olahraga ringan ini dapat mengurangi 5 kilogram per tahun.
  • Beranjaklah dari tempat duduk dan jalan selama lima menit setiap dua jam: Dengan melakukan ini, berarti sama saja dengan menambah waktu jalan selama 20 menit per hari.
  • Tutup dapur setelah makan malam: Ngemil pada saat malam hari sangat berkontribusi dalam penambahan kalori.
  • Jalanlah sebelum makan: Studi membuktikan bahwa berjalan selama 20 menit mengurangi kalori dan napsu makan.
  • Sering-seringlah mengonsumsi saus dan bumbu pedas: Rasa pedas memberikan rasa yang lebih tanpa menambah lemak, dan mereka membantu badan membakar kalori lebih banyak.
Selain tips-tips yang diberikan di sini, masih banyak tips lain untuk mengurangi berat badan. Penting untuk diingat bahwa diet-diet yang terlalu ekstrem sebaiknya tidak dicoba, karena terkadang justru berakibat buruk kepada kesehatan. Mau menjadi kurus dan menurutkan berat badan boleh, tapi alangkah lebih baiknya jika dilakukan dengan cara yang sehat. (Dana)
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger