Jangan Terlalu Lama Berada di Ruang AC

Tekanan suhu bumi yang semakin panas setiap harinya membuat masyarakat ibukota berlomba-lomba beralih ke penggunaan air conditioner untuk ‘mendinginkan’  ruangan mereka. AC sengaja dipilih sebagai alternatif lain untuk terlepas dari tingginya tingkat panas bumi. Berbagai bangunan properti Indonesia seperti mall, perkantoran, dan lain sebagainya pun mulai dipasangi oleh AC. Ke mana pun kita pergi, kita akan menemui ruangan yang dilengkapi oleh AC. 

Nah, berada di dalam ruangan AC memang menyejukan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa dibalik kenyamanan tersebut ada bahaya yang mengintai Anda? Berada di dalam ruangan AC terlalu lama bisa berdampak pada kesehatan Anda. Di antaranya adalah:
AC
  • Tubuh kekurangan asupan oksigen. Bernapas di ruangan ber-AC dan di luar ruangan tentu memiliki perbedaan tersendiri. Oksigen akan lebih banyak ditemukan di luar ruangan sementara jumlahnya terbatas jika di dalam ruangan ber-AC. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ruangan yang memakai AC tidak bersirkulasi dengan baik. Udara yang Anda keluarkan dari proses pernapasan hanya berputar-putar di satu tempat saja. Ketika tubuh kekurangan oksigen, maka sel-sel darah putih Anda tidak bisa bekerja secara maksimal dalam memerangi bakteri dan virus.

  • Infeksi pernapasan. Mungkin Anda sering menyadari bahwa tak jarang Anda merasa kesulitan untuk bernapas atau tidak ringan lagi saat menarik napas seolah ada beban yang ikut terhirup oleh Anda. Ketika Anda berada di ruang ber-AC maka selaput lendir yang di dalam hidung Anda bisa mengering. Dengan demikian, kemampuan hidung Anda untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam hidung akan berkurang karena keringnya selaput lendir tersebut.

  • Membuat kulit menjadi kering. Kulit Anda bisa kehilangan elastisitasnya semakin lama Anda berada di dalam ruangan ber-AC. Sebab kulit Anda tidak terkena sinar matahari yang bisa meremajakan kulit Anda. Akibatnya, kulit menjadi kering dan bersisik. Untuk mengatasi hal tersebut, rajinlah menggunakan lotion agar kelembapan kulit Anda tetap terjaga.
 Masihkah Anda berada di ruang ber AC dalam waktu yang lama?(Tr)
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger