Rekomendasi Makan Ibu Hamil

Ibu hamil seringkali dikatakan bahwa mereka ‘eating for two’, atau makan untuk dua orang. Istilah ini bisa dibilang benar, karena asupan gizi ibu hamil juga akan mempengaruhi si kecil di kandungan. Pola makan yang baik, sehat, dan penuh nutrisi selama kehamilan akan sangat membantu pertumbuhan bayi agar nanti saat lahir mereka akan lahir sehat dan kuat. Vitamin prenatal penting, tetapi pola makan yang baik adalah hal terpenting untuk pertumbuhan bayi. Berikut adalah nutrisi-nutrisi penting untuk bayi, manfaatnya, dan berbagai makanan terbaik untuk mendapatkan nutrisi tersebut:

Kalsium

hamil
Kalsium membantu membangun tulang dan gigi. Si kecil akan mengambil kalsium yang ia butuhkan dari tubuh ibu, maka asupan kalsium sangat penting untuk menggantikan kalsium yang diambil oleh si kecil agar gigi dan tulang ibu tetap sehat. Kalsium banyak ditemukan di dalam yogurt, susu, dan keju.

DHA

DHA membantu perkembangan otak dan penglihatan bayi, dan juga mengurangi risiko penyakit jantung sang ibu. DHA banyak ditemui di makanan-makanan laut seperti salmon,kepiting, lele, dan tuna kalengan.

Asam Folat

Asam folat melindungi si kecil dari cacat tulang punggung saat lahir dan mencegah keguguran awal dan kelahiran prematur. Bagi ibu, asam folat juga mencegah anemia. Asam folat banyak dijumpai di bayam, brokoli, dan jus jeruk.

Iodine/ Yodium

Iodine penting untuk perkembangan otak dan sistem syaraf, mencegah cacat mental dan tuli. Iodine banyak ditemukan di ikan kod, susu sapi, dan kentang panggang.

Zat Besi

makanan sehat
Zat besi akan mencegah kelahiran prematur dan mencegah anemia pada ibu hamil. Zat besi banyak ditemukan di daging sapi, domba, dan ayam.

Potassium/ Kalium

Potassium membantu menjaga tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan. Potassium biasa dijumpai di dalam bayam, ubi, brokoli, dan kismis.

Selain itu, ada juga beberapa zat-zat penting lain untuk perkembangan bayi seperti vitamin C, vitamin B12, dan vitamin D. Penting untuk ibu hamil dapat tetap menjaga asupan nutrisi, demi kesehatan si kecil dan juga diri mereka sendiri agar bayi dapat lahir dengan sempurna, sehat, dan tanpa kurang suatu apapaun. (Dana)
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger