Jaga Kesehatan Paru-Paru Anak Anda

Paru-paru merupakan tempat pertukaran oksigen dari udara dan karbondiaksida dari tubuh. Tanpa ada organ ini, tubuh kita tidak akan bisa mengeluarkan karbondiaksidan dari tubuh dan mendapatkan supplier oksigen. Namun masalahnya udara di sekitar kita semakin tidak bersih. Berbagai polusi udara bermuncul seperti asap rokok, asap dari kendaraan dan debu. Selain itu perubahan cuaca yang semakin ekstrim membuat anak gampang terkena penyakitpernafasan baik yang ringan hingga parah. Gimana cara memastikan kesehatan paru-paru anak Anda?

Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru Anak

  • Ajarkan anak untuk menghirup udara dari hidung. Kenapa harus dari hidung? Karena hidung sudah dilengkapi dengan bulu-bulu halus yang bisa menyaring kotoran yang terbawa oleh udara. Kotoran yang tertahan oleh bulu-bulu halus tersebut akan mengendap dan menjadi upil.
  • Jangan biasakan anak tengkurap (dada menempel pada lantai) dalam waktu lama, baik itu ketika membaca buku, menulis atau bermain. Posisi tengkurap membuat beban tubuh lebih tertumpuk pada dada dan menghimpit paru-paru sehingga paru-paru tidak bisa bekerja secara maksimal. Dan dipercaya, posisi terungkup yang terlalu lama dan sering bisa memperbesar persentase terkena penyakit pernafasan seperti bronkitis dan paru-paru basah.
  • Hindari minuman bersoda karena kandungannya tidak baik untuk kesehatan paru-paru. Selain minuman bersoda, hindari juga minuman berkarbonasi.
  • Jangan merokok di samping anak. Asap rokok dari rokok Anda bisa terhirup oleh anak dan merusak paru-paru mereka. Paru-paru mereka bisa menjadi seperti para perokok yang hitam dan rusak.
  • Perbanyak menghirup udara segar. Jika tinggal dikota, udara segar hanya bisa ditemui pada saat pagi hari. Untuk di rumah, Anda bisa mencoba menggunakan alat sejenis plasmacluster yang dapat memberikan udara segar di dalam rumah.


Jaga kesehatan Anak Anda dari segala penyakit pernafasan. –hm-
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger