Manfaat Berendam dengan Air Hangat

Air hangat sekarang semakin mudah didapatkan karena adanya mesin pemanas air (Water Heater). Tentu dengan adanya mesin ini, kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu lama seperti cara tradisional yang selama ini kita lakukan (isi air, panaskan air dan bawa ke kamar mandi). Untuk mendapatkan air panas tanpa terbatas, kita hanya perlu menyalahkan keran atau mesin air panas di kamar mandi.

Beberapa Manfaat Berendam dengan Air Hangat

Dengan akses yang mudah akan air panas, kita tidak perlu menunggu terlalu lama ketika mau berendam. Lagipula berendam dengan air hangat sangat baik untuk tubuh dan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat berendam dengan air hangat:

Tubuh jadi Rileks

berendam air hangat
Berendam air hangat membantu tubuh untuk rileks. Tubuh yang dari pagi tegang karena duduk kelamaan di saat bekerja pastinya otot dan syaraf akan tegang. Air hangat membantu otot dan syaraf untuk rileks. Dengan tubuh yang rileks, tidur juga lebih nyenyak. Bagi orang yang susah tidur, bisa mencoba berendam di air hangat setelah mandi.

Mengurangi Stress

Dengan tubuh yang rileks, pikiran kita akan lebih jernih sehingga stress lebih berkurang. Jadi banyak orang yang menyarankan berendam ketika kita sudah pusing dengan berbagai hal. Sambil berendam, kita bisa memikirkan masalah yang sedang dihadapi.

Mengurangi Sakit

Percaya atau tidak ternyata air hangat juga bisa mengurangi rasa sakit. Ketika sakit perut, kita bisa menggunakan botol air hangat yang dilapisi handuk untuk mengompresnya. Kalau sakit punggung karena kehamilan, kita bisa mencoba berendam air hangat yang dicampur dengan garam ketika sakit menyerang.

Mengurangi Bau Kaki

Bagi yang memiliki bau kaki, kita bisa melalukan pembersihan kaki dengan sabun. Setelah dibilas bersih, kita bisa merendam kaki dengan air panas yang dicampur dengan delto, garam atau potongan jeruk nipis.

Berendam air hangat memang bermanfaat namun perlu diingat bahwa tubuh tidak mampu bertahan terlalu lama. Kita hanya boleh berendam maksimal 10 menit. Bila terlalu lama, kita bisa pingsan karena kepanas dan darah yang terlalu banyak mengalir ke otak. So, hati-hati yo
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger