Rumput Laut Membantu Menurunkan Berat Badan?

Siapa yang tidak kenal rumput laut? Pastinya sudah pada tahu, rumput laut sangat banyak digunakan dalam masakan jepang dan cina. Selain itu, untuk minuman khas indonesia, rumput laut juga sering digunakan. sekarang mengkonsumsi rumput laut semakin mudah karena sudah ada snack rumput laut. 

Tentunya para pembaca sudah pernah mendengar cerita pengusaha snack rumput laut kering dari Thailand yang ditolak sini sana namun akhirnya sukses. Dari sini bisa dilihat bahwa rumput laut menjadi makanan yang cukup populer. Malahan banyak snack dan makanan dari rumput laut yang menargetkan pasar kaum wanita, kenapa?  Karena rumput laut dipercaya bisa membantu menurunkan badan. Apakah Benar? Cara menurunkan berat badan dengan cepat bisa dilakukan dengan konsumsi rumput laut?

Benarkah Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Rumput Laut Bisa Berhasil?

Sebuah tim peneliti yang di ketuai oleh Prof Jeff Pearson, dari Institut Bioteknologi Sel dan Molekul Universtitas Newcastel memutuskan untuk melakukan analisa apakah benar rumput laut ini bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami?

rumput laut
Hasil penelitian ini akhirnya dipublikasikan dalam sebuah jurnal bernama Food Chemistry. Hasil penelitian mereka adalah salah satu tipe alginate ternyata dapat menurunkan penyerapan lemak oleh tubuh hingga 75 persen. Angka yang bisa dibilang besar.

Apakah rumput raut bisa mengatasi obesitas? Untuk saat ini, para peneliti belum bisa menjawab namun mereka optimis. Memang rumput laut itu rasanya kurang enak namun para peneliti mengisyarakatkan bahwa serat alami yang ditemukan di dalam rumput laut bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat.

Dalam uji coba yang dilakukan alginate mampu mengurangi lemak yang diurai oleh enzim pencernaan lipase pancreas. Semakin sedikit enzim ini bekerja makan akan semakin sedikit lemak yang diserap. Dan untuk lebih lanjut, peneliti menegaskan bahwa mereka masih perlu penelitian lebih lanjut. Penelitian berikutnya adalah penelitian klinis.

Cara Menurunkan  Berat Badan dengan Cepat dan Sehat dari Ahli Diet

Bebera ahli diet mengungkapkan bahwa orang yang ingin diet tetap harus memperhatikan makanannya. Boleh cemilannya rumput laut namun tubuh tetap harus diasup oleh makanan lain. Perlu diet yang seimbang karena tubuh butuh energi. Energi didapat dari makanan. Berikut beberapa tips menurunkan berat badan dengan sehat:
  • Ganti nasi putih dengan nasi merah
  • Perbanyakan porsi konsumsi serat (sayur dan buah)
  • Porsi daging tidak boleh lebih dari ukuran gengaman tangan
  • Hindari mengkonsumsi makanan berlemak seperti kulit, gorengan dan manis
  • Lakukan olahraga ringan (yoga, lari, berenang, bersepeda atau jalan pagi) secara rutin setiap minggunya
  • Tidur paling telat jam 10 malam


Semoga artikel informasi cara menurunkan berat badan dengan cepat ini membantu.
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger